Kepala Bidang Bina Teknik dan Jasa Konstruksi

Eddy Djunaidi, ST. M.Si

NIP. 196910182002121003

Kepala Seksi Perencanaan dan Bimbingan Teknis

Herwin Wahyudi, ST.

NIP. 197408041998031010

Kepala Seksi Jasa Konstruksi, Pengujian, Monitoring dan Evaluasi

Ibnu Sina, ST. MT.

NIP. 197201222001121003

Kepala Seksi Pengembangan Teknologi dan Kelayakan

SAID ADI TAQWAN, ST

NIP. 197204022003121007



Bidang Bina Teknik dan Jasa Konstruksi

Tugas Pokok dan Fungsi


  1. Bidang Bina Teknik Jasa Konstruksi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 huruf f mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Kepala Badan dalam memimpin, membina, mengkoordinasikan melaksanakan perumusan kebijakan dalam memberikan pelayanan teknis manajemen kebinamargaan, irigasi, Pengairan dan Pembinaan Jasa Kontruksi menyelenggarakan dan mengelola penyuluhan dan bimbingan teknik.
  2. Bidang Jasa Konstruksi dipimpin oleh kepala bidang yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Kepala Dinas.
  3. Bidang Bina Teknik dan Jasa Konstruksi membawahkan seksi yang dipimpin oleh kepala seksi dan bertanggungjawab langsung kepada kepala seksi.

Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 25 ayat (1) Bidang Jasa Konstruksi mempunyai fungsi:

  1. pelaksana penyusunan perumusan perencanaan teknis operasional program dan mengkoordinasi kegiatan pemberian pelayanan teknis di bidang Bina teknik dengan menyelenggarakan kegiatan sesuai norma, standar dan prosedur yang berlaku yang diarahkan oleh Kepala Dinas yang searah kebijakan umum Daerah;
  2. pelaksana tugas kedinasan pembinaan kepada pelaksanaan pembangunan atas hasil evaluasi pengujian, monitoring dan evaluasi, memberikan pertimbangan atas perubahan spesifikasi teknik, penyerahan sebagian atau seluruh pekerjaan, mengkoordinir, menyusun Peraturan Daerah Norma, Standar, Prosedur, dan Kreteria (NSPK) Infrastruktur pekerjaan umum dan Izin Usaha Jasa Konstruksi (IUJK);
  3. penyelenggara pembinaan jasa konstruksi dan mengelola pengembangan teknologi, dan kerja sama dengan Perguruan Tinggi dan Lembaga Kompeten dalam pengembangan teknologi;
  4. pelaksanaan koordinasi, pengawasan dan pengendalian, monitoring dan evaluasi serta pelaporan hasil kegiatan program strategis dan melaksanakan tugas-tugas lain yang dilimpahkan dan atau diperintahkan Kepala Dinas sesuai tupoksi, tanggung jawab dan kewenangannya;
  5. pelaksanaan sistem pengendalian intern pemerintahan; dan
  6. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Seksi Pengembangan Teknologi dan Kelayakan

Seksi Pengembangan Teknologi dan Kelayakan dimaksud dalam Pasal 2 huruf f angka 1 mempunyai tugas:

  1. menyusun dan melaksanakan rencana program dan kegiatan yang berkaitan dengan lingkup tugasnya;
  2. menghimpun dan mengkaji peraturan dalam merumuskan kebijakan teknis berkaitan tugas dan fungsi;
  3. melaksanakan pembinaan pengembangan tekhnologi, laboratorium, dan kelayakan kontruksi pekerjaan umum;
  4. survey, pengujian penilaian kelayakan dan pengendalian hasil kontruksi;
  5. melayani teknik kelaboratoriuman yang meliputi pembinaan, pengawasan dan pengendalian dalam pelaksanaan pekerjaan test kepadatan dan kelayakan pengujian dan analisa kualitas bahan, melakukan survey dan pengukuran sesuai dengan norma, standar, prosedur dan kateria dinas;
  6. membuat dan pengolahan data informasi jalan, jembatan, drainase, irigasi dan bangunan serta gedung kota dalam satu system informasi guna menyusun pola penanganan yang efisien dan efektif;
  7. meneliti dan atau kerjasama dengan perguruan tinggi atau lembaga kompeten alam pengembangan teknologi sipil (civil work) sesuai dengan tugas pokok dan fungsi dinas;
  8. melaksanakan sosialisasi pengembangan teknoliogi terapan dan atau temua baru dibidang jalan, jembatan, drainase dan irigasi atau bidang lain terkait tugas pokok dan fungsi dinas;
  9. melaksanakan study prakelayakan dan atau kelayakan (teknik, lingkungan dan ekonomi) dan perencaanan umum dilingkungan Dinas;
  10. menghimpun Laporan Bulanan Pelaksanaan Kegiatan di bidangnya (seksi pengembangan dan teknologi dan kelayakan);
  11. melaksanakan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan tugas dan fungsi;
  12. membuat laporan dan pertanggungjawaban pelaksanaan tugas dan fungsi;
  13. melaksanakan sistem pengendalian intern pemerintahan; dan
  14. melaksanakan tugas lainnya yang diberikan oleh atasan/pimpinan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Seksi Perencanaan dan Bimbingan Teknik

Seksi Perencanaan dan Bimbingan Teknik dimaksud dalam Pasal 2 huruf f angka 2 mempunyai tugas:

  1. menyusun dan melaksanakan rencana program dan kegiatan yang berkaitan dengan lingkup tugasnya;
  2. menghimpun dan mengkaji peraturan dalam merumuskan kebijakan teknis berkaitan tugas dan fungsi;
  3. melaksanakan penyuluhan dan bimbingan teknik dibidang pekerjaan umum dan tata ruang;
  4. melaksanakan perencanaan teknis dibidang pekerjaan umum dan tata ruang;
  5. mengadakan koordinasi dengan instani yang terlibat dalam perencanaan teknik;
  6. melaksanakan penelitian di lapangan dengan masukan untuk perencanaan pembinaan selanjutnya;
  7. menyusun rencana tindak dari data usulan masyarakat (buttom up) meliputi prioritas penanganan, pembiayaan dan spesifikasi teknis;
  8. melaksanakan pelibatan masyarakat dalam perencanaan, melaksanakan dan pengawasan untuk pekerjaan tertentu;
  9. penyiapan kebutuhan lahan dalam rangka pembangunan infrastruktur bidang pekerjaan umum dan tata ruang;
  10. menghimpun laporan bulanan melaksanakan kegiatan dibidangnya;
  11. melaksanakan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan tugas dan fungsi;
  12. membuat laporan dan pertanggungjawaban pelaksanaan tugas dan fungsi;
  13. melaksanakan sistem pengendalian intern pemerintahan; dan
  14. melaksanakan tugas lainnya yang diberikan oleh atasan/pimpinan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Seksi Pengujian, Monitoring dan Evaluasi

Seksi Pengujian, Monitoring dan Evaluasi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 huruf f angka 3 mempunyai tugas:

  1. menyusun dan melaksanakan rencana program dan kegiatan yang berkaitan dengan lingkup tugasnya;
  2. menghimpun dan mengkaji peraturan dalam merumuskan kebijakan teknis berkaitan tugas dan fungsi;
  3. melaksanakan monitoring dan evaluasi pekerjaan dilingkungan Dinas;
  4. melakukan pengujian atas kegiatan-kegiatan infrastruktur;
  5. melakukan pengelolaan atas alat-alat laboratorium Dinas;
  6. melakukan pemantauan secara periodik terhadap semua kegiatan infrastruktur Dinas;
  7. membuat dan menyiapakan sistem infromasi data atas semua penyedia jasa konstruksi dan konsultansi seluruh Daerah;
  8. menyiapkan peraturan daerah norma standar produk dan kriteria (NSPK) Pekerjaan Umum dan Tata Ruang di wilayah kota;
  9. menyiapkan pemberian rekomendasi dan atau advice teknis atas izin usaha jasa kontruksi (IUJK) dalam rangka penerbitan Izin Usaha Jasa Konstruksi (IUJK);
  10. menyiapkan saran untuk perubahan spesifikasi pekerjaan dan penyerahan sebagian atau seluruh pekerjaan di lingkungan Dinas;
  11. melaksanakan arsipentaris dan dokumentasi hasil pekerjaan pada Dinas;
  12. menghimpun laporan bulanan pelaksanaan kegiatan dan penyusunan laporan bulanan Dinas;
  13. mengoordinasikan pembangunan, pengembangan pemeliharaan aplikasi yang digunakan oleh lintas bidang pada Dinas;
  14. melaksanakan pengamanan hardware maupun software terhadap aplikasi yang digunakan lintas bidang pada Dinas;
  15. melaksanakan pengamanan dan kesinambungan terhadap data elektronik yang dimanfaatkan lintas bidang pada Dinas;melaksanakan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan tugas dan fungsi;
  16. membuat laporan dan pertanggungjawaban pelaksanaan tugas dan fungsi;
  17. melaksanakan sistem pengendalian intern pemerintahan; dan
  18. melaksanakan tugas lainnya yang diberikan oleh atasan/pimpinan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.