Sumber Foto: asep saifi arifian

SAMARINDA-Lahan yang bakal dibangun sebagai kolam penampungan atau retensi dipastikan aman. pematokan terhadap lahan pemerintah kota(pemkot) di wilayah bengkuring, Kelurahan Sempaja Timur, Kecamatan Samarinda utara, sudah dilakukan. 

Pejabat fungsional penata bangunan dinas PUPR Samarinda Juliansyah Agus Mengungkapkan, Pemerintah berencana membangun kolam penampungan. tujuannya agar ketika hujan, wilayah bengkuring memiliki penampungan air. Sehingga, mampu mereduksi potensi banjir. "Luasan lahannya kurang lebih 27.13 ada dua titik yang kami pasangi patok." papar Agus. dia melanjutkan berdasarkan monitoring lapangan, lahan pemerintah tersebut tidak ada yang memanfaatkan. sehingga, bila rencana pembangunan retensi dilaksanakan tidak ada masalah " kami melaksanakanan pengamanan aset dengan memasang pelang, karena memang lokasinya berdekatan dengan lahan masyarakat," sambungnya.

 DIsinggung soal luasan yang bakal dibangun kolam penampungan, agus menyebut sekitar 27 hektare. direncanakan pembangunannya bakal. dilaksanakan ahun ini " kalau lebih jelasnya bidang PJSA(Pelaksanaan Jaringan Sumber Air) yang tahu," tegasnya.

Berdasarkan laman LPSE Samarinda, tahun 2021 telah dikerjakan perencanaan teknis pembangunan kolam retensi. di antaranya,, Kolam retensi di pampang, bengkuring, dan tanggul sungai di bengkuring, pagu anggaran perencanaan tersebut sebesar Rp 1,5 milliah yang mana dikerjakan oleh PT massuka Pratama(dra/k8)

Ditulis oleh ASEP SAIFI ARIFIAN 

@asepsaifi


TINGGALKAN KOMENTAR